Penyebab Leukosit Tinggi

Untuk anda yang saat ini tengah memiliki keluhan dengan leukosit tinggi, sangatlah penting untuk mengetahui akan penyebab leukosit tinggi.

Namun sebelum kami memberikan anda informasi seputar penyebab leukosit tinggi tersebut, terlebih dahulu kami akan memberikan anda informasi seputar leukosit itu sendiri.

Leukosit ?

Leukosit tinggi merupakan kondisi dimana darah putih (leukosit) memiliki jumlah yang sangat meningkat lebih dari 11.000 leukosit per mm kubik darah manusia dewasa.

Pada umumnya nilai leukosit yang normal yaitu kisaran antara 4.000-10.500 sel/mm³ pada dewasa sedangkan anak sekitar 5.000-15.500sel/mm³.

Penyebab Leukosit Tinggi Leukosit sendiri bisa mempertahankan tubuh dari serangan penyakit dengan cara memakan (fagositosis) penyakit tersebut.Bagitu pun dengan tubuh mampu mendeteksi adanya infeksi maka sumsum tulang akan memproduksi lebih banyak sel-sel darah putih untuk melawan infeksi.

Kadar leukosit yang tinggi dalam tubuh, sebenarnya tidak bisa di tentukan berdasarkan oleh gejala tertentu.Namun, umumnya peningkatan kadar sel darah putih dalam tubuh bisa diketahui ketika melakukan pengecekan darah di laboratorium.

Akan tetapi, ada beberapa guejala yang bisa mengindikasikan terjadinya peningkatan produksi sel darah putih ini yaitu seperti : wajah akan terlihat pucat, akan merasa cepat lelah, terdapat darah di sekitar urin, mengalami demam yang cukup tinggi, kencing akan terasa panas, nyeri dan sakit.

Penyebab Leukosit Tinggi 

Adanya jumlah sel darah putih yang tinggi bukanlah indikasi penyakit tertentu.Namun, adanya sel darah putih berlebih akan menjadi indikator penting bagi kesehatan.Hal seperti ini menunjukan ada yang tidak normal dalam tubuh seperti :

  1. Penyakit sumsum tulang – Dari beberapa kasus leukositosis yang paling serius dan bisa mengancam kehidupan yaitu yang berhubungan dengan penyakit sumsum tulang.
  2. Neutrofilia – Dalam banyak kasus, adanya jumlah neutrofill yang meningkat merupakan reaksi tubuh dalam melawan infeksi atau zat asing yang bersifat akut.
  3. Kanker – Pada saat di temukan leukosit tinggi lebih dari 30.000 per mm kubik, maka hal ini bisa di sebabkan oleh adanya keganasan atau kanker pada sumsum tulang yang mendasari termasuk juga leukimia atau kanker darah.
  4. Limfositosis – Jika jumlah limfosit yang tinggi maka itu di sebabkan oleh adanya respon terhadap infeksi terutama oleh virus.Adapun beberapa infeksi bakteri seperti : tuberkulosis juga bisa meningkatkan jumlah leukosit limfosit.
  5. Eosinofilia – Salah satu sel darah putih yang banyak berpatisipasi dalam reaksi imunologi dan alergi, olah karena itu penyebab eosinofil yang tinggi termasuk gangguan imunologi seperti arthritis, reaksi alergi, infeksi parasit dan kondisi kulit seperti ruam kulit.
  6. Penyebab lainnya – Stres fisik dan psikis, asupan obat-obatan tertentu seperti lithium dan beta agonis, opearsi pengangkatan limpa dan anemia hemolitik merupakan termasuk ke dalam penyebab leukosit tinggi.
  7. Alergi – Ternyata leukositosis juga bisa terkait dengan reaksi kekebalan tubuh yang berupa hipersensitifitas atau alergi seperti pada seseorang yang memiliki asma dan serangan alergi lainnya.

Itulah beberapa Penyebab Leukosit Tinggi yang meski kita waspadai, supaya penyakit yang satu ini tidak berkembang semakin parah.

Pencegahan Leukosit Tinggi

Apabila kondisi sel darah putih tidak terlalu tinggi namun di sertai dengan berbagai gejala penyakit lain, maka kondisi ini sangat normal.

Namun jika terjadi menimbulkan berbagai keluhan yang bisa merujuk ke penyakit tertentu maka perlu di atasi dengan cepat, salah satunya dengan cara mencegahnya seperti melakukan :

  • Lakukan beberapa jenis olahraga secara rutin supaya membantu tubuh dalam menurunkan sel darah putih.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori, lemak kalori dan gula.
  • Hindari makan cepat saji karena di khawatirkan banyak mengandung berbagai bahan tambahan makanan.
  • Tingkatkan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti makanan mengandung kalsium, minyak ikan, minyak salmon, vitamin C dan vitamin E.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon, stroberi, semangka dan kiwi.
  • Konsumsi beberapa rempah-rempah dalam makanan seperti : bawang putih, kedelai, minyak zaitun dan cuka.
  • Konsumsilah teh hijau atau teh hijau secara rutin.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, wortel dan paprika.
  • Hindari melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Selain melakukan pencegahan, kini anda bisa mencoba mengatasi leukosit tinggi dengan mengkonsumsi obat herbal untuk menurunkan leukosit tinggi yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab leukosit tinggi, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda serta bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

post by : Obat Herbal Hernia Yang Ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *