Penyebab Hipoglikemia Pada Ibu Hamil

Penyebab Hipoglikemia Pada Ibu Hamil – Bagi anda yang saat ini tengah menderita hipoglekimia sangatlah penting untuk mengetahui penyebab hipoglikemia, khususnya untuk ibu hamil.

Ingin tahu apa saja penyebab hipoglikemia pada ibu hamil tersebut ? Silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Hipoglikemia Pada Ibu HamilPenyebab Hipoglikemia Pada Ibu Hamil

Hipoglikemia atau disebut juga dengan keadaan gula darah rendah ini bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali pada ibu hamil karena kondisi ini lebih rentan terkena pada ibu hamil.

Namun gejalanya yang terjadi pada kondisi hipoglikemia hampir sama dengan tekanan darah rendah pada saat masa kehamilan 7 bulan maka banyak ibu hamil yang bahkan tidak menyadari kondisinya.

Biasanya hipoglikemia yang akan menganggu kondisi kadar gula darah normal akan berada di angka 80 mg/dl.

Dimana kondisi ini terjadi karena zat gula yang terdapat di dalam makanan tidak diserap sepenuhnya oleh tubuh secara langsung dengan bantuan insulin akibatnya kondisi gula darah semakin mengalami penurunan.

Berikut ini ada cukup banyak penyebab mengapa ibu hamil bisa mengalami kondisi gula darah, dimana beberapa penyebab tersebut diantaranya :

1). Produksi Insulin Yang Terlalu Berlebihan

Jika pada saat masa kehamilan produksi insulin lepas terlalu banyak, maka akan menyebabkan kondisi hipoglikemia, dimana biasanya kondisi ini terjadi pada ibu hamil yang terlalu kelebihan berat badan.

2). Akibat Efek Samping Obat

Biasanya ada beberapa ibu hamil yang pada masa kehamilannya diharukan untuk mengkonsumsi obat tertentu dengan rutin karena ibu hamil tersebut memiliki riwayat penyakit tertentu.

Pada saat kehamilan anda mengalami hipoglikemia, maka hal tersebut bisa saja disebabkan karena mengkonsumsi obat tersebut.

3). Ibu Hamil Yang Mempunyai Riwayat Diabetes Terlalu Berlebihan Saat Menggunakan Insulin

Beberapa kondisi ibu hamil yang sebelumnya masa kehamilan memiliki riwayat penyakit diabetes, maka kemungkina pada masa kehamilan pun akan terus mengkonsumsi obat untuk diabetes agar kondisi kadar gula tetap dalam keadaan stabil.

Namun penggunaan suntikan insulin pada penderita diabetes yang berlebihan malah akan membuat insulin menjadi lepas terlalu berlebihan sehingga kondisi kadar gula malah akan semakin turun dan melewati batas normal.

4). Tidak Mengatur Pola Makan Dengan Baik

Pada saat masa kehamilan adalah dimana masa yang sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan makanan terutama asupan makanan yang akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh ibu dan janin di dalam perut.

Dimana jika pola makan tidak terjaga dengan baik dan menyebabkan ibu hamil kekurangan gula maka akan memicu terjadinya hipoglikemia.

5). Akibat Adanya Riwayat Penyakit

Hipoglikemia yang di alami oleh ibu hamil bisa terjadi karena beberapa penyakit yang akan menyerang pada produksi hormone insulin, dimana beberapa penyakit tersebut seperti :

6). Ibu Hamil Yang Sering Mengkonsumsi Minuman Yang Mengandung Alkohol

Sepertinya bahaya alkohol itu sangat jelas, karena tidak hanya untuk ibu hamil yang akan membahayakan pada janin dan ibunya, namun mereka yang tidak hamil juga bisa sangat terganggu kesehatannya jika terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.

Jika pada saat kehamilan mengkonsumsi alkohol maka akan memicu terjadinya hipoglikemia, dimana hal ini dikarenakan zat yang ada di dalam alkohol bisa menyebabkan gula tidak bisa terserap dengan sangat baik oleh tubuh.

7). Kekurangan Nutrisi Pada Masa Kehamilan

Asupan makanan dinilai sangatlah penting untuk masa kehamilan, namun jika anda sudah merasa cukup makan tapi nyatanya kondisi gula darah masih saja rendah.

Maka anda tidak mendapatkan asupan nutrisi dengan baik, nutrisi sangatlah penting untuk ibu hamil terutama pada masa trimester pertama.

Untuk gejalanya sendiri, seperti yang telah kami sebutkan di atas bahwa pada umumnya tanda dan gejala hipoglikemia hampir sama dengan tekanan darah.

Berikut ini ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh hipoglikemia pada ibu hamil yakni :

  • Selalu cemas dan emosian
  • Tubuh yang terasa sangat lelah
  • Mengeluarkan keringat secara berlebihan
  • Kepala terasa pusing
  • Bibir dan wajah terlihat sangat pucat
  • Gemetar

Tips Pencegahan Hipoglikemia Pada Ibu Hamil

Setelah anda mengetahui penyebab dan gejala hipoglikemia yang terjadi pada ibu hamil, tentunya anda juga harus mengetahui akan tips cara mencegah hipoglikemia pada ibu hamil.

Dimana berikut ini ada beberapa tips cara mencegah hipoglikemia pada ibu hamil yang bisa anda lakukan antara lain :

  • Hindari mengkonsumsi alkohol
  • Atur pola makan yang baik
  • Selalu memantau kadar gula darah
  • Sebaiknya tidak berkendara sendiri
  • Hindari penggunaan injeksi insulin yang berlebihan
  • Aturlah asupan nutrisi yang baik
  • Ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter jika anda merasakan beberapa gejala hipoglikemia
  • Konsumsi Obat Hipoglikemia Untuk Ibu Hamil

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

post by : Obat Herbal Hernia Yang Ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *