Gejala Kanker Rahim Stadium Awal

Untuk anda para wanita mengetahui gejala kanker rahim stadium awal merupakan langkah pencegahan paling jitu untuk terhindar dari bahaya penyakit kanker rahim ini, mengingat bahwa pada tahap awal penyakit ini jarang sekali disertai gejala yang signifikan !

Gejala Kanker Rahim Stadium AwalRahim adalah salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh wanita, dimana letaknya di daerah panggul tepatnya diantara kandung kemih dan rektum.

Sebagai kaum wanita perlu anda ketahui, bahwa ada salah satu penyakit yang bisa mengancam kesehatan organ terpenting ini, dimana penyakit tersebut adalah kanker rahim.

Apa Itu Kanker Rahim ?

Kanker rahim merupakan salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan berkembangnya sel kanker atau tumor ganas di dalam badan rahim tepatnya pada lapisan dalam rahim atau endometrium.

Sama halnya dengan kanker serviks, kanker rahim ini juga sama-sama berbahaya dan bisa mengancam jiwa penderitanya, namun sejauh ini kasus kanker serviks yang lebih banyak ditemukan.

Kanker serviks lebih disebabkan oleh suatu virus yakni Human Pappiloma Virus (HPV) sedangkan kanker rahim tidak disebabkan oleh virus tersebut.

Kemunculan kanker rahim memang bisa membayakan penderitanya, maka oleh karena itu sangatlah penting untuk anda penderita kanker rahim mengetahui gejala-gejala awal adanya kanker ini agar penanganannya pun bisa dilakukan lebih dini.

Dan berikut ini adalah beberapa gejala awal dari kanker rahim yang penting untuk kita ketahui diantaranya sebagai berikut :

  • Nyeri Saat Buang Air Kecil

Beberapa penderita kanker rahim akan merasa tidak nyaman saat buang air kecil, baik itu terasa nyeri ataupun susah saat ingin mengeluarkan air seni.

Nyeri saat buang air kecil bisa menandakan bahwa adanya mikroorganisme yang sedang menginfeksi organ reproduksi sehingga kondisi ini harus diwaspadai karena bisa jadi ini merupakan tanda awal adanya kanker rahim.

  • Penurunan Berat Badan

Penyakit apapun yang menyerang tubuh seseorang bisa mempengaruhi bobot tubuh penderitanya khususnya penurunan berat badan, begitupun penyakit kanker rahim.

Pada saat kanker rahim menyerang, maka daya tahan tubuh seseorang akan menurun disebabkan karena infeksi yang berada di dalam organ reproduksi tersebut sehingga daya tahan tubuh menurun maka seseorang akan selalu merasa lemah dan lesu.

  • Keputihan Yang Abnormal

Keputihan adalah keluarnya cairan dari dalam vagina berupa lendir.Pada keputihan yang normal cairan lendir yang keluar dari vagina tidak akan berwarna (bening), tidak berbau, tidak menimbulkan rasa gatal dan keluarnya cairan keputihan pun tidak dalam jumlah berlebihan.

Namun ketika seseorang wanita mengalami keputihan yang ciri-cirinya tidak demikian maka bisa dikatakan bahwa keputihan tersebut adalahn keputihan abnormal.

  • Siklus Menstruasi Yang Abnormal

Siklus menstruasi bisa menjadi suatu indikator kesehatan organ reproduksi, jika sistem reproduksi berfungsi dengan baik maka seharusnya siklus menstruasi juga akan lancar.Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi yakni berat badan, pola konsumsi, pola hidup dan ketidakseimbangan hormon.

Ketidakseimbangan hormon sangat erat kaitannya dengan kejadian kanker rahim karena salah sati faktor pencetus timbulnya penyakit berbahaya ini adalah hormon yang tidak seimbang.

  • Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri yang dirasakan saat berhubungan intim bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti terjadinya erosi atau lecet akibat berhubungan intim, radang pada panggul serta adanya infeksi pada vagina baik oleh bakteri, jamur ataupun parasit.

Rasa nyeri yang timbul pada saat berhubungan intim paling sering dikaitkan dengan penyakit kanker rahim, terlebih jika vagina mengeluarkan darah maka waspadailah jika gejala ini muncul.

  • Pendarahan Abnormal

Pendarahan yang terjadi secara abnormal juga merupakan salah satu tanda kanker rahim stadium awal.Suatu pendarahan bisa dikatakan normal jika frekuensi pendarahan lebih sering dari biasanya seperti bisa terjadi ketika seorang wanita tidak sedang dalam masa jadwal menstruasi dan pendarahan diantara dua siklus menstruasi.

Jika seorang wanita mengalami pendarahan yang seperti ini segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut karena bisa jadi kondisi demikian merupakan gejala awal dari kanker rahim.

  • Nyeri Perut Bagian Bawah atau Kram Pada Panggul

Nyeri yang dirasakan pada perut bagian bawah atau panggul adalah kondisi yang umum terjadi pada wanita.Dimana nyeri pada bagian tubuh ini memang erat kaitannya dengan organ reproduksi seperti rahim, vagina, serviks, ovarium dan tuba falopi karena letak organ-organ ini tepat di bawah perut.

Jika seorang wanita mengidap kanker rahim, maka sel kanker pada organ reproduksi ini akan meradang.Kondisi inilah yang akan menyebabkan rasa nyeri pada panggul.Namun tidak semua wanita yang merasakan nyeri panggul ini mengidap kanker rahim.

  • Sakit Punggung

Selain nyeri perut bagian bawah, sakit punggung juga bisa menjadi salah satu indikasi adanya kanker rahim.Meskipun kondisi ini sebenarnya wajar dialami oleh semua orang, namun sakit punggung yang terjadi diikuti oleh gejala kanker rahim lainnya bisa menjadi tanda bahwa penyakit berbahaya ini sedang anda alami.

Itulah beberapa gejala kanker rahim stadium awal, jika gejala diatas anda alami sebaiknya segeralah berkonsultasikan pada dokter guna untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan secepatnya sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Anda Juga Perlu IniObat Herbal Kanker Rahim

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai gejala kanker rahim setadium awal, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit ini.

by post : Obat Herbal Hernia Yang Ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *